Kamis, 05 Januari 2017

Tes Psikologi Online

Makalah Psi & Teknologi Internet

Hasil gambar


Disusun oleh :
Nama                   : Rhaeditias Inggartika
Kelas                    : 2PA13
NPM                    : 15515863
Mata Kuliah         : Psi & Teknologi Internet  
Dosen                   : Yohanes Christomas D
                                     




UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS /JURUSAN PSIKOLOGI
2016






Tes Psikologi Online


Tes psikologi online berarti mendasarkan media online sebagai perantaranya. Tes tersebut dapat berupa tes kepribadian dan tes intelegensi, bentuknya dapat berupa gambar, kuesioner, maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana terkait diri sendiri. Tes psikologi berfungsi untuk mengenal diri sehingga dapat mengembangkan kelebihan yang dimiliki serta menyamarkan kekurangan dengan kelebihan yang dimiliki.

Seiring berjalannya waktu, tes psikologi kini dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun, bahkan oleh siapa pun. Tak perlu lagi bertatap muka dengan sang ahli psikologi, kini para individu dapat menjalani tes psikologi secara mandiri. Yaitu dengan menjalani berbagai macam tes psikologi yang ditawarkan media online yang dapat diakses dengan mudahnya.

Kemajuan tes psikologi yang kini dikembangkan di media online tentunya memiliki dampak bagi setiap pihak baik positif maupun negatif. Berikut dampak yang dihasilkan dari tes psikologi online:
Adapun tujuan dari tes psikologi yaitu untuk mengetahui kondisi psikologis atau karakter seseorang dan untuk memperdalam pengetahuan wawasan kita mengenai tes psikologi. Tes psikologi ini dilakasanakan sebagai upaya untuk mengetahui dan mengenali kepribadian seseorang lebih jauh. Bidang kerja yang banyak menjadi target adalah bidang pendidikan, bidang penelitian, bidang industri, bidang militer, dan lain-lain.

Dampak Positif
1.  Memudahkan individu dalam mengakses tes psikologi kapan pun dan dimana pun.
2.   Tes yang dilakukan tidak mengeluarkan biaya.
3.  Individu dapat menilai diri sendiri serta mengetahui kelebihan dan kekurangannya, sehingga menjadi bahan evaluasi dan pengembangan diri.
4.   Memudahkan individu menempatkan diri dalam menjalin relasi dengan orang lain.
5.   Memudahkan individu mengetahui pekerjaan/jurusan yang cocok dengan dirinya.
6.  Mengenal diri sendiri memudahkan individu dalam penerimaan atas dirinya serta orang-orang di sekitarnya.
7.  Dapat mengefektifkan waktu karena hasil tes dapat langsung dilihat.

Dampak Negatif
1.    Hasil tes yang diberikan belum akurat karena dilakukan oleh diri sendiri (terutama yg bukan seorang psikolog) dan dapat menyebabkan terjadinya penipuan.
2.     Hasil tes dapat dilihat oleh orang lain karena tidak bersifat tertutup.
3.    Penipuan dapat terjadi oleh diri sendiri karena jawaban tes dapat diubah sehingga mudah untuk dipelajari.
4.    Kerahasiaan alat tes semakin terancam.
5.  Individu akan sudah mengetahui dan memahami materi tes sehingga mengerjakan tes tidak sebagai dirinya sendiri melainkan menampilkan sisi-sisi baik yang dapat membuat hasil tes terlihat baik.
6.   Soal soal yang diberikan tidak selalu update.
7.  Tes psikologi secara online ini sebenarnya sangat merugikan para psikolo-psikolog yang lain karena tes ini bisa membuat nama psikolog menjadi tidak bagus di mata para masyarakat dan tes psikologi ini membuat para orang percaya sehingga banyak orang yang lebih memilih tes online dari pada datang langsung ke psikolog, selain itu juga biayanya pun hemat di banding datang ke psikolognya.

Di dalam dunia internet sangat banyak website yang menyediakan tes psikologi baik yang di pungut biaya maupun yang tidak. Disini saya akan memberikan contoh tes psikologi yang terdapat dalam dua website yang berbeda.
1.    Tes Psikologi yang terdapat di website http://www.ipersonic.net/
Pada home webnya akan muncul seperti ini(kemudian, klik “mulai tes gratis”)

Lalu, tes dimulai. Terdapat empat soal pilihan ganda yang harus dipilih. Terdapat dua pilihan dalam setiap soal. Pilih jawaban yang sesuai dengan anda. Pilih jawaban dengan klik kotak berwarna merah yang terdapat dibawah pilihan yang sesuai dengan anda. Tes ini bukan mengenai benar atau salah. Tetapi sesuai dengan diri anda.







Jika semua soal telah terjawab akan muncul kepribadian anda. Disini terdapat dua kepribadian. Yaitu pelaku semangat dan pelaku santai. Hasil tergantung pada masing-masing individu.





2.    Tes Psikologi yang terdapat di website http://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=latihan-tes-psikotes

Pada webnya akan muncul seperti ini(kemudian klik “mulai”)


Sebelum memulai, jika ingin melihat soalnya terlebih dahulu, bisa dilihat di bawah “mulai” pada web tersebut. Terdapat 18 soal pilihan ganda. Berikut soal-soalnya







Klik "mulai" jika ingin memulai tesnya. Lalu akan muncul pertanyaan seperti ini. Pilih jawaban yang paling benar menurut anda, dengan klik lingkaran disebelah option. Kemudian, akan muncul apakah jawaban anda benar atau salah. Kalau salah, anda dapat mengetahui jawaban yang benar. Klik “berikutnya” untuk melanjutkan ke soal berikutnya. Kerjakan seluruh soal(18 soal). Anda akan mendapatkan hasil berupa sertifikat.






Sertifikat berikut ini merupakan hasil nilai dari tes yang telah anda kerjakan.





Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar